ARTIKEL KESEHATAN

Berita Terbaru

Menjaga Metabolisme Tetap Tinggi di Usia Paruh Baya

Friday 06 July 2018

Bagaimana menjaga metabolisme tetap tinggi di usia paruh baya

Menjaga Metabolisme Tetap Tinggi di Usia Paruh Baya
Ketika usia sudah mulai di atas 40 tahun, Anda mungkin melihat Anda memiliki kurang otot dan energi dan lebih banyak lemak.berat badan yang berlebih mungkin merugikan kesehatan Anda. Sangat mudah untuk menjadi bingung dengan nasihat tentang diet dan olahraga, tapi mereka adalah kunci untuk menghindari kenaikan berat badan pada saat usia bertambah.

Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

Friday 04 August 2017

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minum Kopi Bisa Pangkas Risiko Kanker Prostat Hingga 50 Persen

Friday 28 April 2017
Minum Kopi Bisa Pangkas Risiko Kanker Prostat Hingga 50 Persen
Tiga cangkir kopi espresso tiap hari diklaim tidak hanya mampu mengusir kantuk. Sebuah penelitian mengaitkan kafein dengan penurunan risiko kanker prostat hingga 53 persen.


Arsip

2018

 

2017

 

2016

 
06/07/2018 07:02:27 AM

Menjaga Metabolisme Tetap Tinggi di Usia Paruh Baya

, http://sehatfitbahagia.blogspot.com -

Bagaimana menjaga metabolisme tetap tinggi di usia paruh baya

Menjaga Metabolisme Tetap Tinggi di Usia Paruh Baya
Ketika usia sudah mulai di atas 40 tahun, Anda mungkin melihat Anda memiliki kurang otot dan energi dan lebih banyak lemak. berat badan yang berlebih mungkin merugikan kesehatan Anda. Sangat mudah untuk menjadi bingung dengan nasihat tentang diet dan olahraga, tapi mereka adalah kunci untuk menghindari kenaikan berat badan pada saat usia bertambah. Ketika Anda bergerak melalui Anda 30-an, 40-an, 50-an, dan seterusnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membantu memerangi timbunan lemak yang datang seiring penambahan usia.


Metabolisme Anda akan menurun seiring pertambahan usia. Anda akan membakar lebih sedikit kalori dan menyimpan lemak di tubuh Anda. Anda juga akan kehilangan massa otot. Kecuali Anda berolahraga lebih banyak dan mengatur pola makan, berat badan bisa bertambah.

"Pada titik tertentu, semua orang kehilangan massa otot karena mereka bertambah tua dan menimbun lemak perut," kata pakar NIH Dr Mark Mattson, seorang ahli penuaan dan olahraga. "makan berlebih dan  gaya hidup kurang baik dapat mempercepat perubahan yang berkaitan dengan usia dalam metabolisme," kata Mattson.

Satu pemain kunci dalam perubahan yang berkaitan dengan usia adalah bahan kimia yang disebut leptin, yang membantu otak Anda memberitahu Anda untuk berhenti makan. Sinyal leptin tidak bekerja dengan baik saat usia bertambah, sehingga Anda mungkin terus merasa lapar bahkan setelah Anda sudah makan. Obesitas membuat leptin bahkan kurang efektif.

"Ada unsur  untuk segala sesuatu yang Anda makan," kata Dr Josephine M. Egan, seorang ahli NIH pada diabetes dan penuaan. "Anda mendapatkan rasa makanan. Kamu merasa baik. Orang dengan berat badan normal akan memuaskan hasrat dengan memiliki sejumlah kecil apa yang mereka butuhkan. "bagaimanapun, Anda mungkin perlu makan lebih banyak dari apa yang Anda inginkan untuk mendapatkan sensasi menyenangkan yang sama.

Kedua hal ini -penuaan dan obesitas- juga dapat membawa perubahan pada cara proses tubuh Anda mengolah glukosa, glukosa tubuh Anda didapat dari makanan dan ketika berlebih akan disimpan menjadi lemak tubuh. Perubahan ini dapat menyebabkan diabetes, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, kebutaan, amputasi, dan kondisi lain.

"Obesitas meningkatkan risiko, dan mengurangi usia produktif, untuk banyak penyakit penuaan," kata Mattson. "Selama jangka panjang, bahkan otak kita dapat terpengaruh. Bukti yang muncul menunjukkan bahwa diabetes dan obesitas dapat menyebabkan perubahan sel-sel otak yang membuat mereka rentan terhadap penuaan. "

Ketika Anda bergerak di atas 50-an, Anda mungkin akan membutuhkan kalori lebih sedikit. Tapi itu juga penting untuk menjaga nutrisi yang tepat, jadi jangan pelit pada makanan sehat. makan terlalu sedikit atau terlalu banyak masing-masing terkait dengan kesehatan yang buruk, terutama pada orang tua. Untuk tips tentang makan yang sehat setelah usia 50, Anda harus dapat mengatur sendiri apa yang akan dikonsumsi oleh diri Anda.

Latihan dan bergerak juga penting. "Tidak peduli apa usia Anda; aktivitas fisik adalah hal yang baik untuk Anda, "kata Egan. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang cara-cara yang aman untuk menyesuaikan pola aktivitas Anda usia anda bertambah. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu yang Anda khawatirkan seperti arthritis atau baru operasi-minta tips untuk membantu Anda berolahraga dengan aman.

Fokus pada aktivitas fisik yang disesuaikan dengan umur Anda dan mengatur pola makan yang baik adalah kunci yang akan dapat menjaga tubuh anda tetap sehat dan berumur panjang.

Demikian yang dapat penulis sampaikan berkaitan dengan metabolisme tubuh pada usia yang menginjak paruh baya, semoga pembaca dapat mengambil manfaatnya. Salam nangat dari penulis.

(sumber: newsinhealth.nih.gov)