PROFIL

SEJARAH RS PELAMONIA MAKASSAR

  1. Umum.
    Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia adalah Rumah Sakit TNI AD yang merupakan unsur pelaksana Kesehatan Kodam VII/Wrb, sebagai Badan Pelaksana di bidang Kesehatan di Lingkungan Kodam VII/Wrb mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI, ASN beserta keluarganya yang berhak di jajaran Kodam VII/Wrb. Selain itu juga memberikan pelayanan kesehatan bagi penderita dengan status BPJS, Jamsostek, Jamkesmas, pasien perusahaan dan masyarakat umum dengan memanfaatkan kapasitas lebih yang dimiliki  selain dari itu juga sebagai Rumah Sakit rujukan bagi penderita dari Kawasan Timur Indonesia.

    Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia juga sebagai Rumkit Rujukan bagi penderita di lingkungan TNI dan masyarakat umum di Kawasan  Indonesia Timur telah Terakreditasi 16 pelayanan Versi 2007, serta  telah memperoleh penetapan kelas Type B oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan telah dinyatakan lulus Paripurna Akreditasi Nasional Versi 2012 oleh Tim KARS Tahun 2016.

  2. Maksud dan Tujuan.
    1. Maksud.
      Penyusunan Profil ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang pelayanan kesehatan, fasilitas, sarana dan prasarana  yang dimiliki Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia Kesdam VII/Wrb dalam rangka pelayanan BPJS Kesehatan

    2. Tujuan
      Untuk memudahkan customer/ pelanggan dan mitra rumah sakit mendapatkan informasi tentang pelayanan kesehatan yang ada dan sebagai pedoman bagi personel Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia dalam melaksanakan tugas profesi sehari-hari.

  3. Sejarah Singkat.
    Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1917 dan disebut Militaire Hospital. Pada waktu penyerahan kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1950 Militaire Hospital diserahkan pada TNI-AD dan diubah namanya menjadi Rumah Sakit Tentara Teritorium VII.

    Pada tanggal 1 Juni 1957 dengan berubahnya TT VII menjadi Komando Daerah Militer Sulawesi Selatan dan Tenggara (KDMSST) yang kemudian berubah nama menjadi Kodam XIV Hasanuddin, maka Rumah Sakit pun berubah nama dari RST TT. VII menjadi Rumkit  KDMSST kemudian menjadi Rumah Sakit Kodam XIV/Hn “Pelamonia”. dan kini dikenal dengan nama Rumah Sakit Tk.II Pelamonia.

    Secara tehnis medis Rumah Sakit Pelamonia adalah Rumah Sakit Tk.II dilingkungan TNI  dibawah pembinaan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam), Rumah Sakit Tk.I (RSPAD Gatot Subroto) dibawah Pembinaan Direktorat Kesehatan (Dirkesad). Kesdam dan Rumah Sakit sesuai DSPP berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat nomor KEP / 76 / X / 1985 tanggal 28 Oktober 1985, Pada tahun 2004 mengalami perubahan (validasi) organisasi berdasarkan Keputusan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Nomor: Kep / 69 / XII / 2004 tanggal 24 Desember 2004 tentang Organisasi dan Tugas Kesehatan Komando Daerah Militer (Orgas Kesdam)